-->

PENGALAMAN MENANAM RUMPUT GAJAH UNTUK PAKAN SAPI

Bagi para peternak, menyiapkan pakan untuk ternak merupakan kewajiban. Hahaha... jelas saja karena kalau tidak maka ternak pun akan mati. Salah satu pakan ternak yang bisa diberikan untuk sapi adalah rumput. 

Dari sekian rumput yang berada di sawah, saya paling suka menggunakan rumput gajah. Dengan ukuran yang besar layaknya gajah bila dibandingkan dengan rumput lainnya. Rumput ini juga memberikan kandungan nutrisi yang baik bagi hewan ruminansia. Berdasarkan informasi yang saya pernah baca di media internet, bahwa kandungan protein rumput gajah sangat tinggi. Sehingga, dengan memberikan pakan rumput gajah secara rutin pada sapi anda, akan mempercepat tumbuh kembangnya.

Mengenai pola tanam rumput gajah di tempat tinggal saya belum dilakukan secara optimal. Dalam artian petani disini belum menanam rumput gajah pada lahan yang memang dipersiapkan untuk itu. Beberapa petani hanya menanam rumput gajah pada pinggiran pembatas sawah atau pada pinggiran sungai dengan tujuan untuk mencegah abrasi.

Karena kurang terurus tersebut, menyebabkan beberapa pertumbuhan dari rumput gajah tidak bisa optimal. Biasanya rumput gajah sudah siap dipanen pada usia 6 bulan, namun karena kondisi yang kurang bagus, peternak sudah memotong rumput gajah dengan ukuran yang masih kecil.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Untuk memberikan asupan makanan pada ternak saya yang memang tidak  banyak, hanya dua ekor sapi itu pun lebih banyak orang tua yang merawatnya, saya menggunakan teknik yang sederhana untuk menanam rumput gajah.

PEMILIHAN LAHAN

Seperti biasa saya pun memutuskan untuk menanam rumput gajah pada media tanam yang khusus untuk rumput gajah. Persiapan yang saya lakukan dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu. Pembersihan terhadap beberapa tanaman pengangganggu pun dilakukan. Sehingga murni yang akan ditanam disana adalah rumput gajah. 

Pupuk yang saya siapkan untuk ditaburkan pada tanah sebagai media tanam rumput gajah cukup sederhana saja. Saya hanya menyebarkan  kotoran sampi yang sudah menjadi butiran tanah pada media tanam rumput gajah. Ukuran yang saya pakai dalam media tanam rumput gajah tidaklah   banyak. Cukup dengan ketebalan dibawah satu centimeter saja. 

Rumput gajah yang ditanam dengan panjang kira-kira 15 cm. Jarak penanaman antara tanaman yang satu dengan yang lainnya bisa digunakan dengan jarak kurang lebih 40 cm.

Penyiraman tanaman saya lakukan dengan berkala. Karena rumput gajah termasuk tanaman yang cukup kuat.

Pemberian pupuk saya berikan secara berkala saja. Pupuk yang biasa saya berikan pada rumput gajah adalah jenis urea.

Pada masa panen biasanya saya hanya memangkas tanaman dengan menyisakan 15 cm dari tanah.

Setelah pemangkasan maka langsung diberikan pemupukan untuk memulihkan kembali daun pada tanaman rumput gajah.

Nah sahabat tani demikian ulasan singkat yang bisa saya bagikan tentang pengalaman saat menanam rumput gajah di tempat saya.

Semoga menginspirasi sahabat tani semua. Wasalam. 

0 Response to "PENGALAMAN MENANAM RUMPUT GAJAH UNTUK PAKAN SAPI"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel