-->

Cara Mudah Stek Tanaman Hias Bayam Merah

Selamat berjumpa kembali sahabat tani dimana pun anda sedang membaca blog Klik Bertani. Artikel yang akan saya bagikan kali ini adalah terkait dengan tanaman hias bayam merah.

Saya yakin anda pasti sudah memilikinya di rumah. Namun, bila belum berikut ini cara mudah dalam menanam atau membuat bibit tanaman hias bayam merah.

Bayam merah merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bentuk batang lebih kuat daripada tanaman bayam pada umumnya. Dengan batang yang agak berkayu memungkiunkan tanaman hias dengan daun berwarna merah ini di tanam dengan cara stek pucuk atau pun stek batang.

Tanaman hias bayam merah banyak di tanam di pertamanan perumahan, perkantoran maupun objek-objek wisata. Dengan cara menanam tanaman hias di taman akan memberikan nuasan yang berbeda pada ruang tersebut. Mulai dari penampakan dan suasana yang indah terpancar dari keindahan taman tersebut.

Nah jika anda ingin tanam di rumah anda tampil lebih indah dan menarik tidak ada salahnya mencoba menanam bayam merah sebagai salah satu penghias keindahan rumah maupun instansi anda.

Cara menanam tanaman hias bayam merah memang tidak terlalu sulit. Tanpa membaca artikel ini pun anda sudah tahu bagaimana cara paling mudah dalam menanam bayam merah. Namun, jika anda menginginkan tanaman  hias tersebut dapat tumbuh dengan cepat dan siap di tanam maka bisa dilanjutkan membaca artikel ini.

Sebelum menanam bibit tanaman hias bayam merah, ada baiknya anda menyeleksi jenis bayam merah yang akan anda tanam. Berdasarkan pengalaman saya bayam merah yang baik dijadikan bibit adalah tanaman yang dalam kondisi sudah berumur setahun.

Eits.... tunggu dulu tidak semua bagian dari tanaman itu saya gunakan sebagai bibit. Ada beberapa bagian tertentu  yang sering saya gunakan untuk bibit tanaman hias bayam merah.

Dengan usia tanaman yang sudah cukup tua, saya bisa menjadikan beberapa jenis bibit tanaman sesuai dengan kondisi tanam yang akan saya tempatkan tanaman tersebut.

Cara ini bertujuan agar tanaman yang ditanam dapat menyesuaikan diri dengan tempatnya yang baru.

Dari tanaman bayam merah tersebut, bibit akan saya kelompokkan menjadi dua jenis. Jenis bibit dari batang tanaman dan dari pucuk daun.

Pengelompokkan itu dilakukan dengan tujuan memperoleh jenis bibit tanam yang berbeda. Bibit tanaman hias bayam merah dari cabang yang sudah tua akan memiliki daya tumbuh yang memiliki banyak daun dan langsung bercabang, sedangkan tanaman dari bibit bayam merah yang dari pucuk akan memiliki kemampuan untuk  hidup yang lebih cepat dengan daun yang agak rimbun namun tidak bercabang.

Cara stek tanaman hias bayam merah dengan cara stek batang maupun daun.

Jika anda akan memilih bibit tanaman dari batang maka usahakan jangan memotong batang terlalu panjang. Potongan cukup dengan ukuran 10 - 15 cm saja.

Jika anda menggunakan stek pucuk maka gunakan pucuk daun yang masih segar dan muda. Petik pucuk dan sisakan beberapa helai daun saja. Tujuannya ketika ditanam tidak akan mengalami banyak penguapan.

Media tanam yang perlu disediakan agar tanaman cepat tumbuh adalah dengan cara menggunakan polibag atau bisa menggunakan kantong plastik ukuran 1/2 atau 1/4 kg.

Pupuk kandang terutama kotoran sampi menjadi bahan pokok yang dimasukkan dalam media tanam tersebut. Jika anda memiliki beberapa sekam, maka bisa dicampur dengan pupuk kandang tersebut.

Jika semua bahan telah siap maka tinggal menanam bibit pada media yang telah disiapkan sebelumnya. Cara penanaman yang baik adalah dengan menanam maksimal dua batang pada media tanam. Karena jika terlalu banyak maka akan mempengaruhi peluang hidup dari tanaman tersebut.

Selanjutnya agar bibit tanaman bayam merah tersebut dapat tumbuh dengan baik, maka cara yang tepat dilakukan adalah menempatkan tanaman pada ruang atau tempat yang teduh dan tidak terserang cahaya matahari langsung.

Penyiraman dilakukan dengan rutin minimal dua kali dalam sehari. Dengan cara itu tanaman tidak akan mengalami kekeringan sehingga mempengaruhi hidup dari bibit tanaman tersebut.

Biasanya jika perawatan dilakukan dengan baik, peluang bibit tumbuh akan sangat cepat. Pengalaman saya dalam waktu kurang lebih 3 minggu tanaman bayam merah sudah hidup dalam media tanam dan siap untuk di tempatkan dalam taman anda sebagai penghias.

Nah, demikian sobat tani pengalaman yang bisa saya ceritakan terkait dengan cara mudah dalam menanam bibit bayam merah sebagai tanaman hias yang banyak ditanam di lingkungan rumah, perkantoran maupun objek wisata.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Stek Tanaman Hias Bayam Merah"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel