-->

PENGALAMAN SAYA MENANAM SISA SAYUR KANGKUNG YANG DIBELI DI PASAR

Sayuran adalah menu harian yang selalu ada disiapkan oleh istri saya. Salah satunya adalah sayuran kangkung.
Kebetulan sayur kangkung yang dibeli istri saya ada bagian akarnya. Mungkin kangkung tersebut adalah jenis kangkung darat.
Hasilnya istri saya memasak kangkung tersebut, tetapi tentunya memotong bagian akarnya.
Karena saya pikir kasian kalau dibuang kangkung tersebut. Sehingga saya pikir untuk menanam kangkung tersebut di bagian belakang rumah.

MENYELEKSI TANAMAN KANGKUNG

Sebelum menanam kangkung saya melakukan seleksi sedikit. Tujuannya agar benar-benar mendapatkan kangkung yang baik untuk ditanam.
Akar dan batang yang masih bagus. Selanjutnya saya potong beberapa bagian dari tanaman kangkung tersebut yang akan dijadikan bibit.
Biasanya saya gunakan kurang lebih panjangnya 15 cm dari batang bawah yang masih berakar.
Mengenai daun saya biarkan berisi beberapa helai saja. Tujuannya jelas agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan pada kangkung setelah ditanam pada media tanah.

TEKNIK PENANAMAN

Saya tidak menggunakan teknik yag ruwet-ruwet. Memikirkan berapa porsi pupuk yang harus digunakan, kadar air nya berapa dan lain sebagainya.

Saya hanya mempersiapkan tanah yang cukup subur saja, selanjutnya saya tanam bibit kangkung tadi pada lahan tersebut.

Kenapa saya terlihat sekedar saja dan kurang memperhatikan kondisi tanah. Karena kangkung tersebut hanya sekedar sebagai tanaman sayur untuk dikonsumsi dan bukan untuk dijualbelikan.
Mengenai perawatan, saya lakukan secara sederhana. Penyiraman secara rutin saja sebagai perawatan harian yang saya lakukan.

Nah setelah beberapa Minggu  kangkung saya itu pun sudah menunjukkan perkembangan. 
Anda bisa lihat dari gambar pada artikel ini.

Nah, terlihat alami bukan sobat. Ya karena saya tidak melakukan penyemprotan dengan pestisida.
Untuk mengusir serangga kecil yang hinggap disana saya hanya gunakan semprotan pakai air.
Jadi kangkung tersebut sangat aman untuk dikonsumsi. Kalau menu kangkung, saya paling suka dengan tumis kangkung, plecing kangkung.
Nah sobat cukup mudah kan menanam kangkung darat dari potongan sayuran yang dibeli istri dari pasar.

Itung-itung belajar bertani, Anda pun bisa mempersiapkan menu dapur secara alami di rumah. Semoga anda terinspirasi untuk menanam jenis sayuran lainnya setelah membaca artikel ini.
Sukses selalu dan salam KLIK BERTANI

0 Response to "PENGALAMAN SAYA MENANAM SISA SAYUR KANGKUNG YANG DIBELI DI PASAR"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel