-->

Cara Menanam Kangkung Darat dalam Polybag



Klik Bertani - Kangkung merupakan jenis sayuran yang paling favorit dikonsumsi oleh segenap lapisan masyarakat. Mulai dari rakyat biasa hingga masyarakat yang memiliki perekonomian tinggi, kangkung tetap menjadi sayuran yang paling diminati.

Kangkung merupakan jenis tanaman yang bisa hidup di darat dan perairan. Kondisi tempat hidup yang berbeda tersebut membuat jenis tanaman ini dibedakan menjadi tanaman kangkung darat dan kangkung air. Jika anda tanya bagaimana perbedaan kangkung darat dan air, berikut bisa kita ketahui perbedaanya.

Berdasarkan pengamatan saya perbedaan kangkung darat dengan kangkung  air terletak dari bentuk daun dan batangya. Kangkung darat warna daun hijau gelap dan batang kemerahan.  Sedangkan kangkung air memiliki bentuk daun  menjari dengan warna hijau muda. Baik kangkung darat maupun kangkung air semuanya enak, asalkan cara memasak dan pengolahannya benar.

Biasanya kangkung paling enak dijadikan plecing kangkung atau tumis kangkung. Kalau saya mah paling suka plecing kangkung dengan sambel terasi, mantap...

Penanaman kangkung tidaklah terbilang begitu sulit. Yang penting adalah pembuatan media tanam yang baik serta perawatanya. 

Cara penanaman kangkung yang akan saya sajikan kali ini adalah penanaman kangkung darat. Kenapa dipilih kangkung darat, alasannya karena kangkung yang satu ini tidak terlalu banyak membutuhkan media air dan juga perawatan yang terbilang mudah.

Adapun cara penanaman kangkung darat bisa anda lakukan dengan menggunakan pot atau di tanam langsung dalam bedengan. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyajikan penanaman kangkung darat dengan menggunakan polybag. 

Mengapa menggunakan alat polybag? 

Banyak faktor yang menyebabkan pemilihan media polybag sebagai tempat untuk menanam kangkung darat. Lahan yang tidak mencukupi dan kemudahan yang ditawarkan bila bercocok tanam dengan menggunakan polybag. 

Kangkung darat bisa di tanam dalam media polybag. Dengan menggunanakan polybag sebagai tempat penanaman kangkung, perawatan menjadi tidak terlalu berat.  

APA SAJA BAHAN DAN ALAT YANG PERLU DISIAPKAN DALAM PENANAMAN KANGKUNG DENGAN POLYBAG?

Sebelum anda akan menanam kangkung dengan menggunakan polybag, maka ada beberapa alat dan bahan yang harus anda persiapkan. 

1. Siapkan polybag dengan ukuran sedang. Pastikan polybag yang anda gunakan masih bagus, sehingga tidak menyebabkan kesulitan ketika anda melakukan perawatan pada tanaman. 

2. Siapkan pupuk kandang, tanah , sekam. 

3. Setelah bahan sudah disiapkan, selanjutnya tinggal mengisi polybag dengan bahan-bahan yang sudah anda siaplan tersebut. 

4. Pertama campurkan tanah, pupuk kandang dan sekam hingga tercampur sempurna. Selama mencampurkan pastikan tidak ada bahan non organik yang masuk dalam polybag. 

5. Setelah semua tercampur dengan baik maka tinggal memasukkan pada media polybag. Masukkan dengan perlahan sehingga polybag terisi dengan benar. 

6. Setelah media tanam anda lengkap, maka selanjutnya tinggal memasukkan bibit kangkung pada polybag. Setelah bibit kangkung darat ditanam tinggal menyiram dengan air. Setelah beberapa hari maka bibit akan tumbuh. 

7. Perawatan dapat dilakukan dengan rutin, terutama penyiramannnya. Nah cukup mudah bukan merawat kangkung darat dalam polybag. Selamat mencoba dan semoga sukses. 

0 Response to "Cara Menanam Kangkung Darat dalam Polybag"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel