-->

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri tanpa Harus Beli di Toko

Klik Bertani – Ada banyak jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan komuditi utama di dunia pertanian di suatu desa. Demikian juga di tempat tinggal saya. Komuditi cabai menjadi tanaman andalan yang sering ditanam oleh petani setelah musim padi.

Kebanyakan warga di desa saya tidak ada yang membeli benih langsung dari toko pertanian. Mereka lebih banyak menggunakan bibit yang dibuat sendiri. Alasan kenapa tidak banyak yang membeli benih cabai dari toko, mungkin karena dengan membuat bibit sendiri biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Pembuatan bibit cabai dilakukan dengan proses yang sederhana. Pertama mereka membeli cabai langsung dari petani. Cabai yang dibeli adalah cabai yang sudah merah tentunya. Biasanya petani membeli bibit cabai ketika harga cabai sedang turun. Cara ini diguanakan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Biasanya banyaknya cabai yang akan mereka jadikan bibit tergantung dari luas lahan yang akan dikelola. Pengalaman saya pada saat orang tua akan membuat bibit cabai, untuk 22 are hanya menggunakan  7 kg cabai yang masih merah.

Benih tersebut dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Berikut ini akan saya paparkan bagaimana cara membuat bibit cabai sendiri dengan cara yang sederhana.

1. Jika waktu dibeli kondisi cabai belum benar-benar matang, maka biarkan untuk beberapa  hari terlebih dahulu, agar cabai benar-benar matang.
2. Setelah cabai dirasa sudah matang dan agak lembek, maka cabai tersebut siap untuk ditumbuk.
3. Cabai ditumbuk dengan halus, agar kondisi biji cabai tidak rusak. Tumbuk dengan cara membuka biji dari kulitnya aja.
4. Setelah semua biji keluar, angkat dan taruh dalam ember.
5. Saring biji cabai dengan kulitnya.
6. Bji cabai yang sudah terpisah dari kulit, selanjutnya di jemur di bawah terik matahari atau bisa juga diangin-anginkan.
7. Penjemuran dilakukan sekitar 5 hari saja, setelah itu bungkus dengan menggunakan kertas koran.
8. Ketika akan menanam biji cabai tersebut, ingat di rendam terlebih dahulu.
9. Untuk mengujinya, anda bisa menanam beberapa biji terlebih dahulu di pekarangan rumah anda.
10. jika biji cabai tersebut baik, bisa dipastikan biji cabai akan tumbuh menjadi bibit cabai.

Demikian cara sederhana dan mudah dalam membuat bibit cabai sediri tanpa harus membeli bibit dari toko. Memang dengan cara ini ada untung dan ruginya.

Keuntungannya kita bisa membuat bibit cabai dengan harga yang murah. Kerugiannya kadang cabai ini tidak memiliki ketahanan akan hama bila dibandingkan bibit cabai yang dibeli di toko.

Demikian informasi dunia pertanian di KLIK BERTANI, semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir terus di blog Klik Bertani untuk informasi dunia pertanian anda.

0 Response to "Cara Membuat Benih Cabai Sendiri tanpa Harus Beli di Toko"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel