-->

Manfaat Mengaplikasikan Teknik Mina Padi


Hallo sahabat Tani senang sekali kali ini Klik Bertani bisa kembali menyajikan informasi tentang dunia pertanian. Ulasan yang akan dibahas ialah tentang teknik tani pada waktu musim tanam padi. Teknik ini bernama Mina Padi.

Mungkin sobat sudah pernah mendengarnya atau bahkan sudah menerapkannya. Baik langsung saja kita akan ulas pada artikel kali ini.

Dunia pertanian tidak bisa kita lepas dalam kehidupan masyarakat agraris yang ada di Indonesia saat ini. Bahkan kegiatan pertanian sudah mulai sedikit dilakoni oleh anak-anak muda. Mungkin   salah salah satu penyebabnya karena dunia pertanian tidak lagi menjanjikan hasil yang mumpuni.

Tetapi itu lasan bagi beberapa kalangan yang memang enggan untuk berkecimpung di dunia pertanian. Bagi mereka yang hobi, bukan alasan untuk dikatakan penghasilan pertanian itu kecil. Banyak petani-petani yang sukses dalam menekuni dunia pertanian ini.

Di lingkungan desa tempat tinggal saya, fase tanam pada pertanian dilakukan secara bergantian. Dan untuk saat ini sudah memasuki musim tanam padi. Masalah tanam padi kita tidak bisa lepas dari yang namanya perawatan. Perawatan agar tanaman dapat tumbuh subur dan terhindar dari yang namanya hama.

Hama yang kerap susah dikendalikan petani adalah hama tikus. Kita tahu kalau hama burung paling menyerang pada pagi hingga sore hari. Hama tersebut masih bisa dikendalikan oleh petani dengan menjaga padinya ketika sudah musim berbuah.

Lalu bagaimana dengan tikus. Kita sulit sekali mengendalikan hama tikus. Mungkin inilah alasan kenapa kita tidak boleh membasmi ular yang ada di sawah. Sebab merekalah yang mengendalikan pertumbuhan dari hama  tikus.

Ada cara lain yang bisa dilakukan petani untuk mengontrol hama tikus. Teknik tersebut bernama MINA PADI. Mina yang berarti ikan dan padi adalah tanaman padi itu sendiri. Jadi teknik MINA PADI pada intinya adalah mengkolaborasikan antara kolam ikan dan tanaman padi.

Teknik pola tanam mina padi merupakan sebuah usaha dalam meningkatkan efektivitas pertanian. Sebab dalam sebuah lahan kita nantinya tidak hanya memanen padi saja akan tetapi juga akan memanen ikan.

Nah dengan adanya genangan air pada tanaman padi, maka akan mempersulit hama tikus untuk menyerang tanaman padi. Padi anda akan aman, dan anda pun nantinya akan memanen ikan dari sawah. Sebuah teknologi yang sederhana dan tepat guna bukan?

Jadi demikianlah manfaat dari adanya pola tanam dengan teknik mina padi. Untuk tahapan-tahapan memulai teknik mina padi, akan kami bahas pada artikel berikutnya. Jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung di kanal berita pertanian KLIK BERTANI.

Wasalam.

0 Response to "Manfaat Mengaplikasikan Teknik Mina Padi"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel