-->

Bisnis Sewa Traktor


Musim tanam padi sudah mulai di desa saya. Petani mulai mengairi sawah-sawah mereka dengan air yang sudah bisa dengan mudah diperoleh.

Jenis padi yang ditanam cukup beragam. Kebetulan orang tua saya menanam jenis bibit padi Sierang. Mungkin saya akan ulas pada artikel berikutnya.

Jika musim tanam padi sudah tiba, maka beberapa jenis pekerjaan jasa pertanian mulai menggeliat. Salah satunya yang paling laris adalah penyewaan jasa traktor.

Kini warga di desa saya sudah mulai jarang menggunakan sapi atau kerbau untuk membajak sawah. Padahal membajak sawah dengan menggunakan kerbau sangatlah unik dan tentunya ramah lingkungan. Selain itu pula, membajak sawah dengan cara tradisonal adalah salah satu bentuk pelestarian budaya daerah setempat.

Membajak sawah dengan traktor sudah mulai dilaksanakan sekitar lima tahun terakhir. Kemudahan yabg ditawarkan teknologi ini membuat para persnie tertarik untuk menggunakannya. Namun, dengan harga yang tidak murah banyak petani yang tidak mampu membelinya. Bahkan untuk berkelompok sekalipun.

Semua bisa terwujud setelah salah seorang petani mampu membeli traktor meskipun tidak baru lagi. Kini petani tersebut mulai menawarkan jasanya kepada semua petani di lingkungan desa saya.

Bahkan tahun ini pula, orang tua saya menyewa jasa traktor. Dengan luas tanah 22 are, jasa traktor dibayar dengan harga 300 ribu rupiah sampai lahan pertanian tersebut sudah siap untuk ditanami padi.

Nah sobat tani, dari pengalaman tersebut diatas, apakah anda berminat untuk memulai usaha tersebut. Memang cukup menjanjikan namun penghasilan dari melakukan jasa tersebut tidak bersifat rutin melainkan musiman.

Meskipun demikian, kita masih tetap bisa melakoninya sambil membantu warga dalam mempersiapkan lahan pertaniannya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to "Bisnis Sewa Traktor "

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel