-->

Panen Padi yang Masih Sederhana Dilakukan di Desa Saya

Di beberapa daerah pertanian, kegiatan memanen padi mungkin sudah dilakukan dengan cara modern. Dimana penen padi sudah menggunakan mesin, sehingga proses panen dapat dilakukan dengan cepat. 

Cerita berbeda dilakukan oleh petani di tempat tinggal saya. Dimana proses panen padi masih dilakukan dengan cara sederhana. Dimana dilakukan oleh kelompok masyarakat dengan anggota 10-12 orang yang disebut sebagai Sekaha Manyi.

Sekaha Manyi ini nantinya bertugas memanen padi bagi pemilik padi. Setelah berhasil memanen selanjutnya akan ada pembagian upah antara pemilik sawah dengan para Sekaha Manyi. Biasanya perbandingannya adalah 7:1.
Saat pemilik sudah memperoleh tujuh kaping, maka satu kaping milik Sekaha Manyi. Kemudian untuk membawa gabah dari sawah hingga ke rumah juga diberikan upah lagi satu kaping. 
Ilustrasi ; facebook

Proses memanen padi juga dilakukan tanpa menggunakan mesin. Hanya menggunakan sabit dan meja atau batu untuk merontokkan padi.

Semua dilakukan dengan penuh suka cita. Hingga kini budaya menyi masih dilaksanakan oleh warga desa di kampung saya.

Dikirim oleh: Sumerta Putra.

0 Response to "Panen Padi yang Masih Sederhana Dilakukan di Desa Saya"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel