-->

Pengertian, Teknik dan Manfaat Menyiangi Tanaman

Klik Bertani- Selamat berjumpa kembali Sahabat Tani dimanapun anda sedang membaca info pertanian di blog ini. Kali ini kita mengulas masalah pertanian yaitu proses menyiangi tanaman. Mungkin sahabat Tani sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ini. Sebelum lanjut ada baiknya kita ulas kembali pengertian dari menyiangi.

Menyiangi merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh petani dalam upaya membersihkan gulma atau tanaman pengganggu. Sehingga tanaman utama atau tanaman produksi dapat tumbuh dengan baik.

Tujuan menyiangi tanaman adalah agar tanaman produksi tidak mengalami kekurangan nutrisi, yang diakibatkan karena gulma. Gulma merupakan tanaman pengganggu tanaman produksi. 

Aktivitas menyiangi tanaman sering dilakukan petani pada waktu musim tanam bawang, cabai, sayur dan jenis tanaman palawija lainnya. 

Aktivitas menyiangi tanaman


Teknik dalam Menyiangi Tanaman 
Ada beberapa macam teknik yang dapat dilakukan petani dalam melakukan penyiangan terhadap tanamanya. Berikut ini teknik yang dapat dilakukan oleh petani, meliputi :

1. Teknik mencabuti langsung
Mencabuti gulma secara langsung merupakan cara menyiangi tanaman yang sudah lazim dilakukan oleh para petani. Baik petani modern mau pun tradisional acap kali menggunakan cara ini.

Menyiangi tanaman dengan cara mencabuti langsung tanaman pengganggu merupakan cara yang tepat. Dengan teknik ini, tanaman pengganggu dipastikan akan hilang dari tanaman produksi.

Menyiangi dengan mencabuti langsung pada tanaman penggangu dapat memberaihkan gulma sampai keakarnya. Sehingga gulma tersebut bakalan sulit tumbuh kembali.

Selain itu menyiangi dengan cara mencabuti langsung sangat aman bagi tanaman produksi. Sebab kita bisa mengetahui mana tanaman pengganggu dan tanaman produksi. Selain itu menyiangi dengan cara mencabuti langsung sangat aman bagi kelangsungan mikroorganisme tanah dan habitat persawahan.

2. Menggunakan bahan kimia 
Hemmm...yang namanya manusia pasti ingin mudah dan cepat. Sama halnya dengan kegiatan menyiangi tanaman. Beberapa kalangan petani sering menggunakan bahan kimia yang disemprotkan untuk membersihkan gulma.

Jika dosisnya tepat dan caranya juga tepat, menyiangi dengan cara seperti ini relatif aman. Biasanya orang ingin cepat dan mudahnya saja, sehingga penggunaan bahan kimia ini cenderung berlebihan.

Tujuan mereka agar tanaman pengganggu tidak cepat timbuh kembali, dan petani tidak perlu lagi menyiangi tanaman mereka.

Sebagai petani yang peduli dengan lingkungan, kita harapkan teman-teman mengurangi cara seperti ini. Ada baiknya melakukan teknil mencabuti langsung dalam Menyiangi tanaman.

3. Menggunakan mesin 
Saya pernah menonton tayangan youtuber petani yang bekerja di Jepang. Cara mereka dalam Menyiangi tanaman sayurannya sangat menarik, bahkan tidak memerlukan tenaga dan waktu yang lama.

Mereka menggunakan mesin khusus untuk menyiangi tanaman sayuran mereka. Alat tersebut bekerja mirip seperti mencabuti gulma secara langsung. Gulma yang sudah terlepas langsung berada di atas bedengan, sehingga menjadi kompos bagi tanaman produksi.

Jika anda berminat untul melihat bagaimana proses penyiangan tanaman di Jepang, anda bisa melihatnya di beberapa channel youtube.

4. Menggunakam mulsa
Plastik mulsa kerap dipakai petani untuk menutupi bedengan. Hal ini bertujuan agar tanaman penggangu tidak mudah tumbuh di sekitar tanaman produksi.

Cara pemberian plastik mulsmulsa pada bedengan mampu memperkecil peluang tumbuhnya gulma. Sehingga meringankan pekerjaan petani dalam Menyiangi tanaman.

Proses menyiangi tanaman memang_harus dilakukan secara periodik oleh petani. Dengan begitu, tanaman produksi akan terhindar dari kekurangan mutrisi yang disebabkan karena banyaknya gulma.

Teknik dan cara menyiangi tanaman seperti apa yang disampaikan di atas merupakan pilihan yang dapat anda gunakan. Saya sarankan dalam proses menyiangi tanaman agar selalu ramah lingkungan.

Jangan sekali-kali menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan. Selain membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan bagi kelangsungan hidup hewan-hewan lainnya.

Demikian artikel hari ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Dan jangan lupa nantikan terus artikel dunia pertanian lainnya hanya di Klik Bertani.

Wasalam.

0 Response to "Pengertian, Teknik dan Manfaat Menyiangi Tanaman"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel