-->

Cara Merawat Tanaman Pisang Agar Berbuah Lebat


Pisang merupakan tanaman buah yang paling banyak dijumpai di Nusantara. Pisang salah satu buah yang tidak mengenal musim untuk berbuahnya. Kapan pun jika sudah waktunya berbuah pisang senantiasa menyuguhkan buahnya kepada petani.

Produktifitas pisang bisa kita tingkatkan dengan melakukan perrawatan yang optimal. Akan tetapi dilapangan, para petani enggan melakukannya.

Pisang hanya ditanam begitu saja dan dibiarkan berkembang sendiri. Tanpa adanya perawatan tentu petani tidak akan memperoleh hasil yang maksimal dari tanaman pisang tersebut.

Merawat tanaman pisang yang banyak dilakukan di masyarakat berdasarkan pengamatan penulis hanya sebatas pemberian pupuk kompos yang masih tercampur dengan sampah plastik.

Ditempat tinggal admin, tanaman pisang belum menjadi tanaman yang dibudidayakan secara khusus. Pisang hanya ditanam pada lahan-lahan yang kosong sekedar agar tidak gundul saja pada lahan tersebut.

Bagaimana cara merawat tanaman pisang yang benar agar berbuah lebat?

Merawat tanaman pisang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pisang merupakan jenis tanaman yang memerlukan tempat tinggal yang agak lembab. Pisang berbuah tanpa mengenal musim, maka dari itu jika pisang tersebut dikembangkan dengan baik, akan menjadi sebuah komuditi hasil pertanian yang menguntungkan.

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan terhadap tanaman dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Pengolahan Tanah
Tanah untuk tanaman pisang sebaiknya selalu dijaga tingkat kesuburannya. Usahakan agar tanah di sekeliling pisang selalu gembur, sehingga sirkulasi udara dan mikikroba yang ada dalam tanah bisa hidup dengan baik.

Penggemburan bisa dilakukan dengan cara mencangkul tanah di sekitar pohon pisang. Penggemburan dilakukan dengan melingkar, sehingga ada tampat bisa anda gunakan untuk menambahkan pemupukan.

2. Pemupukan
Saya pribadi memang jarang memberikan pupuk non organik pada tanaman pisang. Lebih sering menggunakan pupuk organik, dalam hal ini menggunakan kompos dari daun-daunan yang tumbuh disekeliling pisang, kemudian dicabuti dan dikumpulkan dibagian bawah pisang agar terjadi  pembusukan dan bisa menjadi kompos.

3. Pembersih tanaman pisang
Perawatan tanaman pisang selanjutnya yang kerap saya lakukan adalah pembersihan tanaman pisang. Pembersihan disini maksudnya bukan meng, hilangkan tanaman pisang tersebut, melainkan membersihkan batang pisang dari daun-daun tua yang sudah merangas.

Daun tanaman pisang yang sudah tua tidak bisa jatuh seketika ke tanah. tidak seperti daun tanaman mangga atau jenis lainnya. Nah disinlah anda harus membersihkan tanaman pisang tersebut, sehingga tidak tertutup oleh dedaunan yang sudah tua.

Daun tersebut bisa anda jadikan sebagai pupuk kompos, sehingga pisang tersebut bisa tumbuh dan berbuah lebat.

Nah, demikian ulasan singkat cara merawat tanaman pisang agar berbuah lebat yang bisa anda jadikan sebagai bahan usaha agrobisnis.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 Response to "Cara Merawat Tanaman Pisang Agar Berbuah Lebat"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel