-->

Hama yang Sering Menyerang Tomat dan Cara Pengendaliannya

Tomat merupakan salah satu komuditas pertanian yang banyak kita jumpai dibudidayakan oleh petani Indonesia. Dalam pemeliharannya tentu para petani tidak semulus buah tomat yang kita konsumsi selama ini. Beberapa jenis hama tomat dapat menurunkan hasil panen yang terkadang membuat petani merugi.

Pengendalian akan hama tomat penting dilakukan petani agar hasil penen tetap baik. Untuk itu perlu bagi kita mengetahui jenis hama apa saya yang menyerang tomat serta bagaimana pengendaliannya.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun dari berbagai sumber di media massa dapat diuraikan beberapa jenis hama yang kerap Menyerang Tomat, diantaranya :

1. Hama kutu daun

Jenis hama tomat yang satu ini memang kerap kita jumpai pada bagian daun. Daun yang diserang akan berubah menjadi keriput dan mengecil.  Biasanya hama kutu daun ini Menyerang daun pada bagian atas dan bawah. Daun akan kecil layu, kriting dan kering.

Bila hal ini terjadi maka tanaman tomat akan memikiki produktivitas yang sangat rendah. Petani akan merugi dengan kondisi ini.

Cara sederhana yang bisa dilakukan petani bila menghadapi masalah hama kutu daun pada tanaman tomat adalah dengan melakukan penyemprotan menggunakan pestisida yang memang sudah disarankan aman bagi lingkungan.

Semprot dengan dosis yang tepat agar hama bisa dibasmi dengan baik.


2. Lalat buah


Hama yang satu ini memang kerap kita jumpai menyerang beberapa jenis tanaman buah dan sayur lainnya. Lalat buah yang sering hinggap pada tomat akan menyebabkan buah tomat akan cepat busuk.

Lalat buah atau dengan nama latin (Bactrocera sp.) memiliki panjang tubuh  sekitar 8 mm.  Sayapnya yang  transparan warna memberikan kemampuan untuk melindungi diri dari pemangsanya. Kemudian warna tubuhnya hijau kehitaman. Dalam bentuk belatung muda berwarna putih, menjelang tua menjadi kekuningan panjangnya sekitar 1 cm. Belatung ini terletak dalam daging buah tomat.

Bila anda mengalami kondisi ini cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknik penyemprotan untuk mengendalikan hama lalar buah yabg menyerang tanaman tomat anda.


3. Ulat Tanah


Hama berikutnya yang bisa menyerang tanaman tomat adalah ulat tanah.  Hama ulat tanah biasanya muncul pada malam hari dan menyerang pangkal tanaman tomat.

Jika ini terus berlanjut maka dapat dipastikan tanaman tomat anda akan mengalami gangguan dan menyebabkan tanaman layu dan mati.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama ulat tanah adalah selalu menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu lembab. Penyemprotan terhadap hama ulat tanah bisa dilakukan dengan pestisida yang sudah memperoleh berizin dan aman bagi lingkungan.

Itu beberapa hama yang menyerang tanaman tomat berdasarkan pengalaman yang saya alami. Karena terserang hama tersebut maka tanaman tomat yang menjadi komuditi pertanian anda akan mengalami beberapa penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang tanaman tomat dan membuat penurunan produktivitas tomat.

1. Penyakit Layu pohon


Penyakit ini disebabkan karena jamur yang menyerang tanaman tomat.  Akar tanaman tomat diserang terlebih dahulu sehingga  membuat  tanaman akan layu dan mati secara perlahan-lahan.

Tanaman tomat yang terserang penyakit ini memang bisa bertahan untuk beberapa waktu. Biasanya pada pagi hari tanaman tomat masih terlihat segar, namun pada siang hari tanaman akan berubah layu. Hingga terus berlanjut seperti itu hingga menyebabkan tanaman tomat layu dan mati.

Untuk mengurangi kejala ini bisa dilakukan dengan menggunakan mulsa plastik untuk mengurangi jamur yang tumbuh pada tanaman tomat.


2. Penyakit Busuk daun


Penyakit busuk daun diawali dengan ciri warna daun kecoklatan dan lama-kelamaan akan mengalami pembusukan. Busuk pada daun tomat bisa merambat sampai ke atas dan menyebabkan tangkai dan batang tomat juga akan ikut membusuk.

Untuk menanggulangi masalah ini biasanya gunakan bibit yang unggul dan tahan akan hama. Perawatan berupa pemupukan dan penyemprotan tanaman bisa dilakukan secara periodik dan dengan dosis yang tidak terlalu banyak.


3. Penyakit busuk buah


Busuk buah disebabkan oleh cendawan Thanatephorus cucumeris. Penyakit ini menyerang buah tomat. Buah yang terserang akan terlihat bercak kecil berwarna coklat. Kemudian akan membesar, cekung dan bagian tengahnya retak. (sumber alamtani.com)

Biasanya busuk buah disebabkan karena lalat buah yang hinggap pada buah dan menaruh larvanya pada buah tomat. Larva tersebut akan memakan buah tomat dan menyebabkan gagal panen.

Cara sederhana untuk mengendalikan dan mencegah penyakit ini bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan pestisida dengan dosis standar sesuai dengan ketentuan.

Anda juga bisa membuat perangkap pada serangga untuk menjerat lalat buah yang hinggap pada tomat. Biasanya lalat buah sangat suka dengan warna yang terang dan mencolok, sehingga anda bisa mensiasati dengan menyiapkan kertas berwarna mencolok dan memolesi dengan lem tikus.

Mudah-mudahan dengan cara tersebut lalat buah malah tertarik untuk hinggap pada kertas dengan lem tikus tersebut dan menyebabakannya terperangkap pada lem tersebut.

Pengendalian terhadap penyakit tanaman tomat ini akan lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan petani dan lingkungan karena tidak menggunakan pestisida yang kurang baik bagi lingkungan.

4. Penyakit bercak buah dan daun

Pengalaman saya menanam tomat sering sekali terkena penyakit bercak pada buah dan daun. Bercak tersebut menyebabkan kondisi buah tomat menjadi tidak bagus.

Buah tomat yang terkena penyakit bercak tersebut akan keriput dan tidak tumbuh dengan normal. Bahkan kondisi buah sangat tidak menarik. Kalau hal ini diabiarkan tentu akan mempengaruhi  hasil pertanian tomat anda.

Konsumen menjadi kurang tertarik dengan kondisi buah seperti itu. Sehingga akan menurunkan  nilai jual hasil pertanian anda.  Menanam bibit tomat yang unggul tahan hama bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan buah tomat yang baik dan berkualitas tinggi.

Penanaman tomat memang tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan dan cuaca yang sering mendera tanaman tomat selama masa perawatan. Jika cuaca mendukung maka tanaman pun bisa tumbuh dengan baik. Sebaliknya jika selama musim penanaman cuaca kurang mendukung, mungkin disini dibutuhkan kerja keras petani untuk merawat tanamannya.

Demikian ulasan tentang hama yang menyerang tanaman tomat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

*)informasi dihimpun dari berbabagai sumber dan pengalaman pribadi.

0 Response to "Hama yang Sering Menyerang Tomat dan Cara Pengendaliannya"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel