-->

Membuat Pestisida Alami Berbahan Dasar Daun Sirsak

Selamat berjumpa kembali sobat pembaca di blog pertanian Klik Bertani. Artikel kali ini akan mengulas seputar pestisida alami.

Pertanian yang dikelola secara alami atau sering disebut pertanian organik memang sekarang ini jarang dilakukan oleh beberapa kalangan masyarakat petani.

Sebabnya tentu saja karena faktor kecepatan. Bagaimana tidak, pertanian yang dikelola dengan cara non organik memang memberikan hasil yang cepat.

Misalnya saja, untuk mencabut gulma di sela-sela tanaman cabai, ada saja petani yang langsung menggunakan bahan pembasmi rumput dengan cara disemprotkan.

Kemudian untuk mengendalikan hama bawang, beberapa kalangan petani sudah menggunakan racun pembasmi ulat untuk membasmi hama yang Menyerang tanaman.

Memang hasilnya sangat cepat, sekali hingga dua kali semprot tanaman anda sudah terhindar dari serangan ulat.

Kecepatan inilah yang membuat masyarakat agak enggan untuk melakukan pertanian organik.
Apalagi dengan harga jual hasil panen pertanian kadang tidak menguntungkan bagi petani.

Produk Pertanian Organik Laku Dengan Harga Mahal

Padahal sejatinya hasil panen pertanian yang dikelola dengan cara organik memiliki harga jual yang tinggi bila dibandingkan dengan pertanian non organik.

Bahkan dibeberapa negara maju lainnya, pertanian organik memperoleh prioritas utama di hati konsumen yang menginginkan produk pertanian yang sehat dan aman bagi kelangsungan hidup mereka.

Nah, jika anda memiliki niat luhur untuk mencoba usaha pertanian organik cobalah untuk mulai menerapkannya. Sehingga hidup makin sehat dan lingkungan makin lestari.

Pertanian organik tidak hanya pertanian yang menggunakan pupuk alami saja. Tetapi juga penggunaan bahan alami untuk pembasmian hamanya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi hama dengan bahan organik, salah satunya membuat pestisida alami berbahan dasar daun sirsak.

Peatisida alami atau organik memang memiliki kemampuan yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan peatisida non organik.

Dibutuhkan waktu yang agak lama untuk membasmi hama dengan cara peatisida organik. Namun, cara ini memberikan keamanan yang tinggi bagi lingkungan dan pangan yang sedang anda tanam.

Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana membuat peatisida organik berbahan daun sirsak.

Cara membuat pestisida organik berbahan daun sirsak

1. Sediakan beberapa lembar daun sirsak. Untuk jumlah anda bisa sesuaikan. Asalkan jumlah daun yang digunakan lebih dari 20 lembar.

2. Rebus daun sirsak dengan air kemudian sisakan air rebusan sebanyak satu liter.

3. Rebusan sirsak anda bisa simpan selama 2 bulan kemudian digunakan kembali. Campuran 2 liter rebusan daun sirsak ditambah dengan deterjen dipadukan dengan 14 liter air untuk penyemprotan.

Nah, demikian cara membuat pestisada organik berbahan dasar daun sirsak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Pestisida Alami Berbahan Dasar Daun Sirsak"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel