-->

Investasi Pohon Berumur Panjang pada Lahan Kurang Produktif


Apakah anda memiliki lahan pertanian yang kurang produktif yang disebabkan karena lokasi lahan yang memang kurang bagus, seperti : minim pengairan dan berada dibawah jurang?

Kalau memang demikian ada baiknya ada mencoba unuk memanfaatkan lahan tersebut dengan menanami pohon dan bukan tanaman pertanian. Lahan seperti ini memang kurang bagus ketika kita kelola untuk menjadi lahan pertanian. Akan tetapi bisa menghasilkan ketika anda menanaminya dengan pohon yang berumur panjang. Seperti pohon jati.

Penanaman pohon berumur panjang pada lahan seperti ini memberikan mampu menjadikan usaha pemeliharaan lingkungan. Yaitu reboisasi dan juga penanggulangan terjadinya longsor.

Akan tetapi tidak itu saja sobat tani, penanaman pohon berumur panjang pada lahan kurang produktif bisa menjadi sumber investasi bagi anda.  Jika berbicara tentang investasi, tentunya kita tidak bisa  berbicara jangka pendek.

Investasi pohon berumur panjang pada lahan yang kurang produktif bisa anda gunakan sebagai dana cadangan. Jadi ketika anda sewaktu-waktu membutuhkan dana yang mendesak, anda bisa menjual beberapa batag pohon tanaman tersebut.

Penanaman pohon berumur panjang pada lahan yang kurang produktif memang tidak membutuhkan perawatan yang ekstra keras seperti tanaman pertanian. Anda tinggal memilih lokasi yang tepat dan dengan bibit yang baik.

Selanjutnya menanam pohon tersebut dengan sesekali waktu melihat perkembangan tanaman tersebut. Ketika sudah tumbuh dengan baik, maka anda tentu tidak perlu lagi melakukan perawatan yang keras pada tanaman tersebut.

Investasi pohon berumur panjang ini memang memerlukan waktu yang relatif lama. Pengalaman paman saya dalam rentang waktu 10 tahun, pohon tersebut belum bisa untuk dijual, apalagi tanaman yang  anda tanam adalah jenis tanaman jati.

Mungkin anda bisa memilih jenis pohon yang memiliki usia tanam yang bisa dipanen pada usia 10-15 tahun, tentu usia tanam pohon berumur panjang seperti ini sudah termasuk tanaman termasuk kategori masa penen yang singkat.

Harga dijual dipasaran untuk jenis pohon ini sangat relatif sekali. Jika ditempat tinggal saya, pohon seperti ini dihargai dengan sangat mahal. Lumayan bisa menjadi 1 jutaan per pohonnya. Bayangkan jika kita memiliki lahan yang cukup luas dan menanaminya dengan 100 pohon, maka anda bisa hitung sendiri, berapa keuntungan yang bisa kita peroleh.

Ayooo… gali terus ide kreatifmu untuk mengembangkan dunia pertanian kita. Selamat bertani dan jangan lupa kungjungi selalu klikbertani.blogspot.com


0 Response to "Investasi Pohon Berumur Panjang pada Lahan Kurang Produktif "

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel