-->

Alat-alat Modern dalam Bidang Pertanian Saat Ini

Dunia pertanian tidak lepas dari yang namanya peralatan. Sebab dengan menggunakan alat dalam pertanian akan membantu mempercepat dan memudahkan pelerjaan tersebut.

Jika sebelumnya petani menggunakan alat tradisonal dalam menggarap sawahnya, kini dengan kemajuan teknologi, dunia pertanian pun tersentuh dengan peralatan yang modern.

Peralatan modern pertanian memang tidak banyak dimiliki oleh masyarakat yang terjun dalam dunia pertanian.  Hal tersebut sangat wajar, sebab alat-alat tersebut dijual dengan harga yang relatif mahal.

Berikut ini beberapa modern dalam dunia pertanian. Langsung saja disimal ulasan berikut ini.

1. Traktor
Jika dahulu masyarakat petani menggunakan sapi dan alat bajak untuk membajak sawah, namun kini sudah ada alat modern yang bernama traktor. 

Dengan alat ini akan membantu petani mempercepat pekerjaannya. Di kampung saya, hanya beberapa orang yang memiliki alat ini. Dan kini petani tersebut kerap menyewakan faktornya untuk membajak. 

Harga sewanya lumayan murah. Karena  mulai tahap awal hingga sawah siap untuk ditanami padi. Hanya dengan upah 400 ribu rupiah. 

Harga traktor baru sangat variatif. Mulai dari yabg harganya belasan hingga puluhan juta juga ada. Tergantung dari merk, tipe dan kemampuan jelajah dari traktor tersebut. Referensi mengenai harga traktor bisa anda peroleh melalui internet. 

Kalau di kampung saya merk traktor yang dipakai adalah quick. Lumayan kuat traktor tersebut. Selain itu tahan lama dan sangat menguntungkan bagi pemiliknya. 

Jika anda berminat memiliki traktor untuk bajak sawah, akan tetapi modal masih pas-pasab, ada baiknya anda mencoba membeli yang bekas saja. Jangan khawatir barang bekas tidak selamanya jelek lho. Yang terpenting anda rajin merawatnya. 

2. Mesin semprot 
Anda tidak ingin disemprot bukan? Hahaha...Kalau nyemprot pasti suka. Tetapi kalau menggunakan semprot yang manual tentu akan sangat ribet. Nah, kini sudah ada alat semprot modern yang membuat anda tidak lagi capek-capek momma untuk menyemprot tanaman. 

Dengan menggunakan daya baterai, maka akan meringankan beban anda ketika menyemprot teman. 

Jika anda berminat,anda bisa mencari referensi harga dan model dari alat tersebut. Saya sebenarnya kepengen membeli alat tersebut, tetapi kemarin orang tua keburu membeli alat semprot yang masih manual. 

Anda tentu sudah tahu merk yang paling legendaris dari alat semprot tersebut. Ya benar, Swan. 

Ayah saya membeli alat semprot manual tersebut. Mungkin sudah kadung suka dan legend. Selain bisa menyemprot  tanaman alat itu mungkin bisa dipakai buat ngejim.

3. Pembersih gulma
Saya pernah menonton tayangan youtube warga indonesia yang bekerja di jepang. Terutama merek yang bekerja dibidang agrobisnis. 

Alat pertanian yang mereka gunakan sudah sangat modern. Salah satunya adalah alat pembersih gulma. 
Tidak seperti di desa saya, membasmi gulma masih dilakukan dengan cara konvensional. Apalagi kalau bukan dicabut. 

Cukup mudah dan praktis sebenarnya. Akan tetapi menguras tenaga dan menghabiskan banyak waktu. 

Harapan saya tentunya para petani tidak membasmi gulma dengan cara disemprot biar cepat rontok gulmanya.  Akan tetapi alangkah lebih baik jika dicabut atau jika memang ingin lebih cepat lebih baik menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Dimana cara kerja alat tersebut tetap berprinsip mencabut gulma. 

4. Mesin Perontok Padi
Alat yang satu ini memang sudah menggantikan zaman batu. Dahulu ketika saya masih kecil, banyak petani yang menggunakan alat baru sebagai Perontok Padi mereka ketika di panen. 

Petani menamangkas padi, kemudian memukulkan padi pada batu tersebut. Sehingga butiran padi akan lepas dari pohonnya. Sederhana dan begitu mudah diperoleh alat tersebut. Bahkan tidak perlu ada onderdil yang akan diperbaiki ketika alat tersebut rusak. 

Tetapi itu dulu. Kini petani sudah meninggalkan merontokkan padi dengan cara  seperti itu.

Kenapa?

Ya karena alat dengan batu tadi itu sedikit memperlambat pekerjaan. Bahkan kita sebagai petani kadang capek juga harus merontokkan padi dengan cara seperti itu. 

Jika sudah capek,maka bisa jadi banyak padi yang buah nya tidak tonton dan malah tetap nyantol pada pohonnya. 

Kini dengan kemajuan teknologi susah diperkenalkan dengan alat modern. Sebuah mesin Perontok yang akan merontokkan buah padi dengan cepat ketika di panen. Bahkan dengan alat ini petani tidak bakalan capek setelah selesai bekerja. Sebab alat ini menggunakan teknologi mesin. Dengan alat ini maka pekerjaan petani semakin  cepat dan berubah lebih baik. 

Itulah beberapa alat modern yang digunakan para petani di sekitar desa saya. Cukup modern tetapi masih sederhana bila dibandingkan dengan peralatan modern yang digunakan oleh petani di beberapa daerah. 

Harapan saya semoga anak muda tidak malu dan malas untuk melakoni pekerjaan sebagai petani.  Sebab dengan menjadi petani,berarti kita juga ikut menjaga ketahanan pangan dan ikut serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

Jaya terus Petani Indonesia 
Maju terus pertanian Indonesia

Wassalam...

0 Response to "Alat-alat Modern dalam Bidang Pertanian Saat Ini"

Post a Comment

-Kami mengijinkan Sobat Pembaca berkomentar di Web Klik Bertani.
- Komentar anda akan muncul setelah di setujui oleh admin
- Komentar yang berisi spam, iklan, dan titip link akan kami tinjau terlebih dahulu. Jika kurang bermanfaat maka tidak kami muat di web ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel